Server Centos vs Ubuntu : Manakah yang lebih baik?

Anda yang terbiasa menggunakan VPS Server, Dedicated Server, Collocation Server, Cloud Hosting dan yang semisalnya mungkin masih ada yang bingung menentukan pilihan manakah yang akan dijadikan OS server bagi web anda entah itu blog pribadi, company profile, toko online, atau untuk sistem travel? Nah kali ini saya akan berbagi informasi antara Centos dan Ubuntu, Centos merupakan turunan Red Hat Linux Enterprise, sedangan Ubuntu turunan dari Debian.

User yang terbiasa dengan distribusi Linux Debian familiar dengan command (perintah) apt-get, sedangkan yang terbiasa dengan distribusi Linux Red Hat familiar dengan command (perintah) yum, apakah hanya itu saja perbedaanya? Tentu tidak, secara singkat Centos sangat bagus untuk pelaku bisnis dan developer yang tidak terlalu membutuhkan release terbaru, Centos lebih stabil dan secure karena selalu menggunakan versi stabil (tapi versi lama) dari software-software bawaanya. Adapun Ubuntu, dia lebih sering update dan sangat cocok bagi anda yang menginginkan versi terbaru dari beberapa software.

Sebagai contoh ketika menginstall php, apabila anda menggunakan centos versi 6 ataupun 7 (versi terbaru Centos) php yang akan terinstall adalah versi php 5.4 padahal php terakhir saat ini adalah php 7. Namun anda tetap bisa menginstall php versi 7 di server centos anda tapi menggunakan repo luar, mungkin akan kita bahas di artikel tersendiri. Namun jika anda akan menginstall pada server Ubuntu versi terbaru misal (16.04) anda sudah mendapatkan php terbaru yakni versi php 7. Berikut ini review singkat yang saya ambil dari teman saya Nickreiner :

logo server centos linux VS logo server ubuntu linux

CENTOS UBUNTU
Turunan Red Hat Linux Enterprise Turunan Debian
Minim Update Sering Update
Bisi dibilang lebih stabil dan aman karena frekuensi update yang tidak terlalu sering Paket-paket yang selalu up to date mungkin kurang stabil dan aman, mengingat paket masih baru dan belum teruji betul. Tetapi juga bisa jadi versi terbaru justru lebih baik dan stabil karena penyempurnaan dari versi sebelumnya.
Minim tutorial dan memiliki userbase yang kecil Kaya dokumentasi, komunitas yang aktif dan banyak sekali tutorial yang tersebar di internet
Agak susah untuk level pemula, karena minimnya linux desktop yang populer turunan dari Red Hat Sangat mudah untuk level pemula, mengingat banyaknya yang sudah familiar dengan linux desktop dari Ubuntu
Support cPanel Tidak support cPanel
.rpm packages dan 'yum' package manager .deb packages dan 'apt-get' package manager

Kesimpulannya, kalau anda masih sangat pemula dan minim pengetahuan tentang Linux Ubuntu server bisa jadi pilihan. Tetapi jika anda sudah sangat familiar dengan linux, dan menginginkan server yang stabil bisa mencoba menggunakan Centos.

حـب العلـم وطلبـه أصل كـل طاعـة وحب الدُّنيـا والمـال وطلبـه أصـل كل سيئة

3 thoughts on “Server Centos vs Ubuntu : Manakah yang lebih baik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *