Apa Itu LEMP (Linux, Nginx, MySQL, PHP) dan LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) ?

Banyak tutorial instalasi LEMP atau LAMP di Linux yang tersebar di internet, namun sebagian pasti ada yang masih bingung, apa yang dimaksud dengan LEMP / LAMP ? Anda yang pernah membuat web toko online, blog pribadi, atau website sistem travel mungkin ada sebagian yang bertanya-tanya bagaimana website itu bisa online dan diakses melalui browser? Singkatnya, agar website bisa online ada beberapa komponen utama yang dibutuhkan yaitu :

Linux LEMP dan LAMP

  • Server

    Server mutlak harus ada sebagai tempat untuk menyimpan website kita. Termasuk OS (Operating System) yang digunakan pada server seperti Linux atau Windows Server.

  • Web Server

    Web server ini yang akan menangani komunikasi data yang diminta oleh user (seperti chrome, firefox, opera mini dll) melalui protokol http ataupun https. Ada beberapa macam web server yang banyak digunakan seperti Nginx dan Apache

  • Database

    Database sebagai storage menyimpan data-data website. Banyak macam database diantaranya ada MySQL, PostgreeSQL, dan Oracle.

  • Bahasa Pemrograman Web

    Bahasa pemrograman (berupa script-script coding) ada banyak, diantaranya adalah PHP, ASP.Net, Ruby, Python, JSP dll.

Dari penjelasan singkat di atas bisa diketahu bahwa yang dimaksud tutorial instalasi LEMP adalah tutorial instalasi Nginx (E), MySQL (M), PHP (P) di Linux, sedangan tutorial instalasi LAMP adalah panduan instalasi Apache (A), MySQL (M), PHP (P). Jika Anda menggunakan OS Ubuntu 16.04 dan sedang menginstall bahan-bahan untuk membuat web anda bisa search di google dengan keyword ‘how to install LEMP on Ubuntu 16.04’, jika menggunakan Centos ‘how to install LEMP on Centos 7’.

Jadi LEMP dan LAMP sebenarnya hanya singkatan saja untuk meringkas penyebutan software-software di atas. Sehingga secara garis besar LEMP mengunakan Nginx, sedangkan LAMP menggunakan Apache. Jadi jangan sampai salah apabila Anda akan menggunakan Apache maka keywordnya adalah LAMP, sedangkan untuk Nginx keywordnya adalah LEMP.

Bagaimana, sudah tahu perbedaannya? Untuk tutorial instalasi LEMP dan LAMP, akan saya buatkan uraian ringkasnya pada artikel yang lainnya.

حـب العلـم وطلبـه أصل كـل طاعـة وحب الدُّنيـا والمـال وطلبـه أصـل كل سيئة

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *