Menghapus File Dan Direktori / Folder Pada Linux / Unix

Bagaimana cara menghapus file atau direktori / folder pada command line Linux / Unix? Mungkin hal tersebut yang ada di benak Anda ketika Anda baru pertama kali mengenal atau menggunakan sistem operatsi yang berbasis Linux / Unix.  Hal ini wajar karena ketika kita baru menggunakan sistem operasi Linux / Unix, kita akan dihadapi dengan yang namanya command line. Ya, command line ini memang basis dari penggunakan sistem operasi Linux / Unix. Command line di linux juga sangat ampuh untuk melihat file-file yang disembunyikan ketika flashdisk atau hard disk kita terkena virus ketika menghinggapi OS Windows.

Untuk menghapus file atau direktori / folder di sistem operasi Linux, FreeBSD, Solaris, atau Unix, kita akan menggunakan perintah “rm” (tanpa tanda petik).

Perintah “rm”

rm merupakan perintah untuk menghapus file pada filesystem. Perintah rm juga mempunyai option yang lengkap dikarenakan untuk menghapus file pada sistem operasi Linux, kita akan terbentur masalah hak akses. Beikut merupakan sintax dari rm :

dimana :

  • -f (force) yaitu menghapus tanpa konfirmasi
  • -r (recursive) atau biasanya dengan -R yaitu menghapus file dengan cara recursive

Contoh Penggunakan Perintah “rm”

Berikut merupakan contoh menghapus file :

Ketika Anda mempunyai folder yang berisi banyak file dan ingin menghapus semua file yang ada di dalamnya, gunakan perintah di bawah ini :

test merupakan nama folder.

Menghapus Direktori / Folder

Untuk menghapus direktori / folder silahkan gunakan perintah :

namun perintah di atas hanya digunakan untuk menghapus file yang kosong dan tidak bisa digunakan untuk menghapus direktori / folder yang ada file di dalamnya. Lalu bagaimana cara untuk menghapus direktori/folder beserta isinya? Berikut cara menghapusnya :

Catatan :

Anda harus berhati-hati menggunakan perintah ini dikarenakan apabila Anda tidak jeli dalam menggunakan, maka file-file yang Anda miliki akan terhapus semua.

Berikut Video Tutorial Cara Hapus File di Linux

 

 

Demikian mengenai perintah hapus pada linux dan nantikan artikel yang membahas perintah-perintah linux lainnya.

Alumni S1 Sistem Informasi ITS. Saat ini sering berkutat di pemrograman web terutama untuk sistem travel. PHP merupakan bahasa sehari, dan sekarang mencoba menekuni bahasa Golang. Tertarik belajar hacking guna mencari celah server yang dimaintanance. Ubuntu 16.04 dan Mac adalah tunggangan andalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *