Mengganti Port Salah Satu Domain di CPanel Melalui Terminal

Kali ini saya akan berbagi tutorial  mengganti port http salah satu domain pada cpanel. Bagi developer sudah sangat umum mereka menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman, salah satu yang populer adalah beego salah satu framework Go besutan developer negara tirai bambu. Untuk menjalankan beego dibutuhkan konfigurasi port tertentu yang berbeda dengan port default http (apache/nginx). Sederhananya ketika kita mengakses domain tertentu yang defaultnya port 80 akan dirubah dan diarahkan ke port yang lain.

Berikut langkah-langkah mengganti port salah satu domain di cpanel melalui terminal,

1. Tentukan port aplikasi

Install aplikasi anda lalu tentukan port aplikasi anda terlebih dahulu, misal aplikasi beego kita akan menggunakan port 3374 (pastikan port tersebut tidak sedang digunakan oleh aplikasi lain di server kita).

 

2. Tambahkan Alamat Domain

Tambahkan domain / subdomain baru pada menu Add On domain di Cpanel, misal kita akan menggunakan subdomain api.ristekmuslim.id

 

3. Merubah Port Http Domain

Setelah berhasil melakukan langkah-langkah di atas, selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi http.conf apache bawaan whm panel. Apabila anda menggunakan VPS, Cloud VPS, atau Dedicated Server tentu anda memiliki akses ke root server. Silahkan login ke root server lalu masuk ke /usr/local/apache/conf

Lalu edit file httpd.conf, cari pengaturan virtual host block domain yang akan kita rubah. Anda bisa menggunakan aplikasi nano editor untuk memudahkan pencarian, tinggal tekan ctrl + w lalu ketik kata kunci pencarian. Konfigurasi virtual host domain yang akan kita rubah contohnya seperti ini :

scroll kebawah sampai anda menemukan baris seperti di bawah ini

Tambahkan baris code ini tepat di bawah baris code # include di atas, sehingga menjadi seperti ini

Maksudnya adalah kita akan menambahkan konfigurasi tambahan domain api.ristekmuslim.id dengan melampirkan file api.ristekmuslim.id.conf.

Langkah selanjutnya adalah membuat file konfigurasi api.ristekmuslim.id.conf di folder /usr/local/apache/conf/includes/ yang isinya seperti ini :

Anda tinggal merubah spesifik port 3374 di atas sesuai dengan port aplikasi yang telah anda install sebelumnya.

Selanjutnya tinggal simpan  dan reload konfigurasi apachenya, atau anda bisa restart apachenya lalu buka laman web api.ristekmuslim.id (nama domain anda) dan secara otomatis akan diarahkan ke alamat port yang telah anda setting.

Demikian tutorial singkat mengenai cara mengganti spesifik port salah satu domain di cpanel.

Sekian terimakasih

حـب العلـم وطلبـه أصل كـل طاعـة وحب الدُّنيـا والمـال وطلبـه أصـل كل سيئة

4 thoughts on “Mengganti Port Salah Satu Domain di CPanel Melalui Terminal

    1. Default port setiap kita menginstall apache / nginx adalah 80, kalau ingin mengganti sudah dijelaskan dalam artikel ini. silahkan dibaca kembali, apabila ada hal yang kurang jelas bisa ditanyakan lebih spesifik.

  1. assalamu’alaikum
    mas, saya punya naskah buku pelajaran bahasa arab dasar. inginnya saya upload di play store supaya bisa bermanfaat luas. bisakah bantu saya? berapa biayanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *