Memperbaiki Ampli Masjid Merek TOA ZA-2060 Mati Tidak Mengeluarkan Suara

Amplifier merek TOA sudah sangat umum sekali di pasaran, terutama di masjid-masjid banyak yang pengeras suaranya menggunakan amplifier jenis ini.  Pada artikel kali ini saya akan berbagi tutorial memperbaiki ampli TOA dengan kerusakan mati tidak bisa mengeluarkan suara sedangkan lampu indikator power menyala.

Dibawah ini adalah foto ampli TOA  ZA 2060 yang akan kita perbaiki :

 

 

Berikut langkah-langkah untuk memperbaiki ampli TOA ZA-2060 yang mati :

 

1. Siapkan Peralatan

Langkah pertama adalah siapkan semua peralatan servis yang diperlukan seperti AVO Meter, Solder, Timah, Attractor (penyedot timah), dan obeng.

 

2. Memastikan Kerusakan Ampli

Sebelum melakukan bongkar-bongkar, sebaiknya pastikan dulu kerusakannya secara fisik luar dan lakukan tes sederhana apakah benar ampli tersebut mati atau hanya sekedar ada kabel / konektor yang aus. Apabila tidak ada masalah secara fisik, lakukan pengukuran pada keluaran output audio ampli toa menggunakan AVO Meter skala AC 250/1000V. Caranya pasang probe positif dan negatif pada keluaran output dan berikan triger pada input aux menggunakan obeng apabila jarum bergerak kekanan artinya ada output yang keluar kerusakan bisa jadi pada kabel yang menyambung antara ampli dengan speaker horn atau speaker hornnya yang rusak, apabila tidak bergerak kekanan ikuti langkah selanjutnya.

 

3. Membongkar Ampli

Selanjutnya lepas semua baut tutup box atasnya, dan angkat tutupnya. berikut isi dalaman ampli

 

4. Memeriksa Komponen Sekring/Fuse

Setelah terbongkar, yang harus diperiksa pertama adalah komponen sekring/fuse. pada tipe TOA ZA-2060 ini ada 2 sekring yang terpasang anda bisa lihat di gambar yang saya beri tanda panah di bawah ini :

Pada kasus kali ini, ditemukan 1 sekring yang putus sehingga harus diganti.

 

5. Memeriksa Transistor Final (Penguat Akhir)

Pada model ampli TOA ZA-2060m ada 2 buah transistor penguat akhir yaitu tipe C5198, untuk memeriksa transistor masih bagus atau tidak Anda harus melepas kedua transistor ini.

Untuk mengecek transistor masih bagus atau tidak anda bisa menggunakan AVO meter, caranya anda bisa melihat tutorial di video VLOG disini. Dari hasil pemeriksaan kedua transistor ditemukan 1 buah transistor yang rusak sehingga harus diganti. Berikut penampakan transistor yang rusak.

 

 

6. Pengujian

Setelah sekring dan transistor yang rusak diganti, langkah terakhir adalah melakukan pengujian. Pengujian bisa dilakukan dengan menggunakan AVO meter seperti yang sudah dijelaskan pada tahap 1 di atas.

 

Sekian tips dan tutorial servis ampli TOA ZA-2060 yang rusak, untuk penjelasan lebih lengkap anda bisa melihat tayangan video VLOG proses perbaikan ampli TOA ZA-2060 di youtube kami. Silahkan klik link https://youtu.be/iSYFOsOmpMk . Semoga bermanfaat

 

حـب العلـم وطلبـه أصل كـل طاعـة وحب الدُّنيـا والمـال وطلبـه أصـل كل سيئة

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *