Perintah Dasar – Command di Archlinux

Archlinux adalah salah satu varian baru sistem operasi linux yang sangat simple dan sederhana sekali, Archlinux menerapkan model rolling-release sehingga anda akan mendapatkan sistem yang selalu up to date dengan frekuensi update sangat sering. Berbeda dengan distribusi Red Hat yang menggunakan yum , Debian yang menggunakan apt-get, kalau di archlinux menggunakan command pacman. Bagi Anda yang baru berkenalan dengan Archlinux, berikut perintah-perintah dasar yang digunakan di Archlinux :

logo archlinux

  • Perintah sinkronisasi paket dan upgrade Archlinux

Untuk melakukan update / sinkronisasi paket Archlinux anda bisa menggunakan perintah pacman -Sy

Sedangkan untuk melakukan upgrade archlinux, anda bisa menggunakan perintah pacman -Syu, berikut contohnya :

Ketika anda melakukan perintah upgrade pacman -Syu akan muncul pilihan pertanyaan Y/n, pilih Y jika ingin mengupgrade, dan pilih n jika ingin membatalkan.

  • Perintah install paket / install package Archlinux

Untuk melihat package apa saja yang tersedia di archlinux, anda bisa melihat di daftar package Archlinux. Perintah untuk melakukan install paket / package adalah pacman -S <nama_package>

Perintah pacman -S itu bisa untuk mengupgrade paket yang sudah terinstall sebelumnya atau untuk menginstall paket baru.Akan ada konfirmasi pertanyaan Y/n saat melakukan upgrade/install paket, Y untuk menginstall dan n untuk membatalkan

  • Perintah uninstall / remove package Archlinux

Untuk uninstall / remove pakate Archlinux anda bisa menggunakan perintah pacman -R <nama_paket>

Sebelum proses uninstal paket berjalan akan muncul konfirmasi pertanyaan Y/n, Y untuk melanjutkan proses uninstall dan n untuk membatalkan perintah.

  • Perintah downgrade package Archlinux ke versi sebelumnya

Ketika anda melakukan upgrade Archlinux secara keseluruhan kemudian mendapatkan masalah baik OS, tampilan, atau software yang tidak bisa berjalan, Anda bisa melakukan downgrade package. Dan inilah yang saya sukai di archlinux, sehingga tidak perlu khawatir jika menemukan masalah.. Semua ada solusinya. Apabila kita melakukan upgrade, semua paket/package tersimpan secara rapi di direktori /var/cache/pacman/pkg/. Anda bisa melihatnya dalam direktori tersebut. Sebagai contoh, kita akan melakukan downgrade kernel ke versi sebelumnya. Yang anda lakukan pertamakali adalah melihat ketersedian versi kernel lama yang ada di cache pkg :

Anda bisa tulis perintah di terminal : sudo pacman -S /var/cache/pacman/pkg/linux-4. kemudian anda tekan pada keyboard tombol Tab maka akan muncul semua daftar kernel yang sudah pernah terinstall sebelumnya, tinggal anda pilih. Semisal akan berpindah ke kernel 4.9 tinggal tulis perintah sudo pacman -S /var/cache/pacman/pkg/linux-4.9.9-1-x86_64.pkg.tar.xz lalu enter. Proses downgrade akan berjalan.

  • Melihat ip address Archlinux

Berbeda dengan distribusi linux lainnya yang menggunakan perintah ifconfig untuk melihat konfigurasi network / melihat ip address, di Archlinux menggunakan perintah ip address

 

Dalam mengelola dan mengembangkan sistem travel tiket pesawat saya harus banyak belajar tentang Linux, karena server sistem travel ristek muslim menggunakan Linux. Anda bisa mengeksplor lagi tentang Archlinux dengan membaca wikipedia Archlinux disini, semoga bermanfaat.

حـب العلـم وطلبـه أصل كـل طاعـة وحب الدُّنيـا والمـال وطلبـه أصـل كل سيئة

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *